WAKTU-WAKTU YANG TERLARANG UNTUK SHALAT

WAKTU-WAKTU YANG TERLARANG UNTUK SHALAT
Dalam kajian fiqih dan beberapa Hadits ada tiga waktu yang dilarang untuk shalat
1. Setelah shalat subuh sehingga terbit matahari. Artinya setelah shalat wajib subuh tidak ada Sunnah apapun yang dilaksanakan. Larangan ini untuk orang yang mengerjakan salat subuh secara adaan atau pada waktunya. Tetapi boleh apabila shalat karena qadha
misalnya, waktu subuh jam 4.00 s/ 5.00 pagi. Kita telah melaksanakan salat subuh jam 4.10 menit. Maka, kita dilarang melaksanakan salat sunah apa pun hingga terbitnya matahari dan bahkan sampai matahari meninggi kira-kira satu tombak (datangnya waktu Dhuha)
2. Setelah shalat asyar pun tidak ada shalat Sunnah ba’diyah, tetapi boleh untuk melaksanakan Sunnah yang mempunyai sebab yaitu shalat jenazah, shalat gerhana atau shalat tahiyatul masjid.
Waktu berlaku hingga matahari tenggelam. Ketentuan ini dikuatkan oleh Rasulullah SAW melalui hadis dari Imam Bukhari, yang berbunyi:
لاَ صَلاَةَ بَعْدَ الصُّبْحِ حَتَّى تَرْتَفِعَ الشَّمْسُ، وَلاَ صَلاَةَ بَعْدَ العَصْرِ حَتَّى تَغِيبَ الشَّمْسُ

Tak ada salat setelah salat subuh sampai matahari meninggi dan tak ada salat setelah salat asar sampai matahari tenggelam. (H.R Imam Bukhari).

3. Waktu Istiwa yaitu waktu di mana posisi matahari tepat di atas kepala. Maka harus bersabar sejenak hingga matahari tergelincir condong sedikit. Waktu ini pun makruh untuk mengubur jenazah.
Rasulullah bersabda dalam riwayat Muslim
ثَلَاثُ سَاعَاتٍ كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَنْهَانَا أَنْ نُصَلِّيَ فِيهِنَّ، أَوْ أَنْ نَقْبُرَ فِيهِنَّ مَوْتَانَا: «حِينَ تَطْلُعُ الشَّمْسُ بَازِغَةً حَتَّى
تَرْتَفِعَ، وَحِينَ يَقُومُ قَائِمُ الظَّهِيرَةِ حَتَّى تَمِيلَ الشَّمْسُ، وَحِينَ تَضَيَّفُ الشَّمْسُ لِلْغُرُوبِ حَتَّى تَغْرُبَ
Ada tiga waktu di mana Rasulullah SAW melarang kita salat dan mengubur jenazah di dalamnya: ketika matahari terbit sampai meninggi, ketika unta berdiri di tengah hari yang sangat panas sekali (waktu tengah hari) sampai matahari condong, dan ketika matahari condong menuju terbenam hingga terbenam.

Wassalam
Semoga bermanfaat
Aby Masudi