Info Sekolah
Rabu, 23 Okt 2024
  • MTs Negeri 15 Jakarta

Kegiatan Ramadhan – Kajian Umum Ramadhan Materi Keislaman MTs Negeri 15 Jakarta Bersama Jakarta Islamic Center

Diterbitkan : - Kategori : Kesiswaan / Pendidikan

(Jakarta, 18/03/2024), Pada bulan suci Ramadhan, kegiatan keagamaan menjadi pemandangan yang wajib dilaksanakan di Madrasah-madrasah. Kegiatan Kajian Umum Ramadhan Materi Keislaman MTs Negeri 15 Jakarta hadir sebagai sebuah titik terang yang mempererat jalinan kebersamaan. Semua siswa berkumpul untuk meningkatkan ibadah dan ketaqwaan mereka melalui berbagai aktivitas yang terencana dengan baik. Diantaranya adalah pelaksanaan shalat dhuha bersama, tadarus Al Qur’an, dan kajian umum Ramadhan materi keislaman.

Pelaksanaan Kegiatan Ramadhan di MTs Negeri 15 Jakarta dilaksanakan pada tanggal 18 Maret sampai 22 Maret 2024 bertempat di mushollah MTs Negeri 15. Kegiatan Ramadhan di MTs Negeri 15 Jakarta merupakan perjalanan mendalam menuju pemahaman yang lebih dalam tentang nilai-nilai islam. Melalui pengalaman ini, para siswa tidak hanya mengasah pemahaman mereka tentang puasa dan moderasi beragama, namun juga merangkulnya sebagai bagian integral dari identitas mereka sebagai muslim yang bertanggung jawab dan peduli.

Shalat Dhuha

Shalat Dhuha dilakukan jam 06.30 s/d 07.00 di mushollah MTs Negeri 15 Jakarta. Pada bulan Ramadhan, shalat dhuha bersama menjadi momen yang sangat berarti bagi para siswa. Mereka berkumpul di mushollah untuk melaksanakan shalat dhuha secara berjamaah. Shalat dhuha bersama tidak hanya memperkuat ikatan antar siswa, tetapi juga memperdalam koneksi spiritual dengan Allah SWT. 

Tadarus Al Qur’an

Tadarus Al Qur’an atau membaca Al Qur’an secara bersama-sama menjadi kegiatan yang tak terpisahkan dari Kegiatan Ramadhan. Para siswa membaca Al-Qur’an dipimpin oleh guru agama dengan penuh khidmat dan tumpuan hati, menyerap setiap ayat dan maknanya dalam upaya mendekatkan diri kepada Allah SWT. Tadarus Al Qur’an tidak hanya menjadi latihan membaca dan memahami kitab suci, tetapi juga menjadi momen untuk merenungkan ajaran-ajaran yang terkandung di dalamnya. Kegiatan Ramadhan menjadi tempat dimana para siswa dapat memahami Al Qur’an dengan lebih intensif, memperkaya pengetahuan agama mereka, dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT, kecintaan kepada pada Rasul serta kecintaan terhadap kitab suci Al Qur’an.

Kajian Umum Ramadhan Materi Keislaman

Kajian Ramadhan kali ini berkolaborasi dengan Jakarta Islamic Center bersama Para Ustadz yang berkompeten, berprofesional dan berwawasan tinggi. Sehingga para siswa semakin semangat dan antusias dalam mengikuti Kajian Umum Ramadhan ini.

Kajian tentang Puasa dan Moderasi Agama menjadi bagian integral dari Kegiatan Ramadhan. Adanya kajian ini para siswa mampu belajar tentang teladan-teladan yang patut diikuti dalam kehidupan sehari-hari. Mereka mempelajari tips menyambut bulan suci Ramadhan, amalan baik yang dapat dilaksanakan di bulan Ramadhan, meraih rahmat, ampunan dan syurga, dan moderasi beragama keberkahan dalam bertoleransi.

Adanya Kegiatan Ramadhan ini diharapkan menjadi fasilitas untuk membentuk pribadi menjadi yang lebih baik dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan menjaga dan memperkaya tradisi-tradisi kegamaan, Kegiatan Ramadhan tetap menjadi sumber inspirasi dan keberkahan bagi umat islam di seluruh dunia (DRN).

Artikel ini memiliki

2 Komentar

Maryam
Selasa, 2 Apr 2024

Semoga dengan diadakannya Kurma Manis yang merupapakan kegiatan KBM selama Ramadhan di MTsN 15 dapat memotivasi Siswa siswi berakhlak lebih baik

Balas
    Muhamad Sabarudin
    Rabu, 3 Apr 2024

    Aamiin Allahumma Aamiin 🙂

    Balas

Beri Komentar