Info Sekolah
Sabtu, 27 Jul 2024
  • MTs Negeri 15 Jakarta

PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN (P5P2RA) – SUARA DEMOKRASI PEMILIHAN OSIS DAN MPK MTS N 15 JAKARTA

Diterbitkan : - Kategori : Kesiswaan / Pendidikan

(Jakarta, 01/04/2024), Kegiatan P5P2RA adalah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin. Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang dilaksanakan di MTs Negeri 15 Jakarta. Kurikulum ini terdapat hal baru yang di sebut Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin.

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang dilaksanakan di madrasah. Hal ini diharapkan peserta didik dapat memiliki kesempatan belajar dari lingkungannya dengan berkarakter Pancasila yang Rahmatan Lil Alamin. P2P5RA ini bertujuan untuk mengembangkan pemahaman dan kesadaran peserta didik tentang nilai-nilai Pancasila, kewarganegaraan, demokrasi, dan hak asasi manusia berdasarkan keTuhanan Yang Maha Esa.

MTs Negeri 15 Jakarta menggelar projek tersebut dengan mengangkat tema “Suara Demokrasi” Pemilihan OSIS dan MPK yang dilaksanakan oleh peserta didik kelas VII dan VIII. Proyek ini dilalui selama 6 hari, dimulai hari ini Senin 25 Maret s/d 2 April 2024.

Peserta didik diberikan arahan tahap apa yang di lakukan yaitu:
a.Tahap Pengenalan : membahas tentang Materi Demokrasi dan Prosedur melaksanakan Pemilu dengan membangun kesadaran peserta didik memahami pentingnya menyampaikan hak suara manusia untuk menentukan pemimpin, baik jangka pendek maupun panjang, terhadap kelangsungan kehidupan di dunia maupun lingkungan sekitarnya.

b.Tahap Aktualisasi : menggali permasalahan di lingkungan sekitar madrasah yang terkait dengan topik pembahasan yaitu:
Melihat Berbagai jenis bilik suara / kotak suara
Mengumpulkan kardus
Menjelaskan tahapan pemilu
Membuat bilik suara / kotak suara
Menetapkan pilihan sebagai hak suara

Semoga adanya kegiatan P5P2RA ini dapat membantu peserta didik memahami, mengaplikasikan dan menerapkannya di lingkungan masyarakat serta mendalami arti demokrasi yang sesungguhnya. Guna menjadi peserta didik yang bermanfaat di lingkungan masyarakat. (DRN)

Artikel ini memiliki

1 Komentar

Maryam
Jumat, 5 Apr 2024

Alhamdulillah pengurus osis dan MPK periode 2024-2025 sudah terbentuk dengan adanya proses pelaksanaan P5P2RA

Balas

Beri Komentar